Bisnis

Kementerian BUMN Menyebutkan Harga Penjualan Avtur Telah Kompetitif

Kementerian BUMN Menyebutkan Harga Penjualan Avtur Telah Kompetitif

Jakarta, Liputan7up.com – Presiden Joko Widodo mengakui akan selekasnya menyebut PT Pertamina, berkaitan harga bahan bakar avtur yang dipandang tinggi. Akan tetapi, Kementerian Tubuh Usaha Punya Negara memandang, harga avtur yang di jual PT Pertamina masih tetap bersaing.

Deputi Bagian Usaha Pertambangan, Industri Strategis, serta Alat Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno menjelaskan, harga avtur memang sekarang ini di pasar internasional selalu alami penurunan. Akan tetapi, ditegaskannya, harga yang dijual Pertamina masih tetap bersaing di banding negara lain di Asia Tenggara.

“Jadi, harga avtur saat ini posisinya turun selalu semenjak November, serta telah dikatakan oleh Menteri BUMN (Rini Soemarno) jika harga avtur begitu bersaing,” kata Fajar di kantornya, Jakarta, Selasa 12 Februari 2019.

“Jadi, saya berikan lagi harga avtur di Indonesia, terutamanya di Bandara Soekarno-Hatta begitu bersaing. Kita cuma nomer tiga di Asia Tenggara,” lebih Fajar.

Ia juga mengakui tidak mengerti apakah yang lalu mengakibatkan Presiden Joko Widodo merencanakan untuk menyebut Pertamina dalam tempo dekat berkaitan harga avtur. Jokowi awal mulanya menduga, itu lebih dikarenakan termonopolinya pasar avtur di Indonesia oleh Pertamina.

“Saya tidak tahu, saya tidak tahu, saya tidak dapat jawab, apalagi hubungan s/d soalnya, penumpang, oh bukan masalah penumpang, jika penumpang ada hubungan di harga ticket. Jika hubungan dengan sepinya hotel saya tidak tahu tuch, terlalu jauh kali yah,” tutur ia.

Awal mulanya, dalam sambutannya di gala dinner HUT Perhimpunan Hotel serta Restoran Indonesia (PHRI) yang ke-50, Senin tempo hari, 11 Februari 2019, Presiden menceritakan masalah bagaimana harga ticket pesawat naik tajam.

Menurut Jokowi, ia pun baru mengetahui jika harga avtur dimonopoli oleh Pertamina sendiri.

“Masalah harga ticket pesawat, saya pun kaget. Saya pun baru mengetahui tentang avtur, nyatanya avtur yang di jual di Soekarno-Hatta itu dimonopoli oleh Pertamina sendiri,” kata Jokowi.

Karenanya, Jokowi menyatakan, besok pagi ia akan mengundang Direktur Penting Pertamina serta minta pemerataan harga avtur.

“Hingga, besok pagi saya akan undang Dirut Pertamina. Pilihannya cuma satu, harga avtur dapat sama juga dengan internasional tidak? Jika tidak, saya masukan pesaing yang lain,” tutur Presiden.

7upCash Bandar & Agen Bola, Casino, Slot & Poker Terpercaya

Click to comment
To Top