News

Jepang Menghentikan Pengembangan Robot Asimo yang Bersifat manusia

Jakarta, Liputan7up.com – Honda Motor Co mengumumkan telah menghentikan pengembangan Asimo, robot humanoid (bersifat manusia) pada Kamis (28/6).

Sebagai penggantinya, pabrikan otomotif asal Jepang tersebut fokus pada pengembangan robot yang lebih praktis dan dapat digunakan di pelbagai bidang salah satunya transportasi.

Asimo, yang merupakan singkatan dari ‘Advanced Step in Innovative Mobility’, dilahirkan pada tanggal 31 Oktober 2000 dari hasil program R&D robotik Honda yang didirikan pada 1986.

Artinya usia Asimo bertahan kurang dari dua dasawarsa sejak Honda mulai mengerjakan teknologi robot itu.
Asimo sendiri debut perdana di dunia pada tahun 2005 dan menginjak negeri paman sam Amerika Serikat dua tahun kemudian. Asimo disebut sebagai robot pintar dan tercanggih di dunia dengan tinggi 130 sentimeter dan berat 54 kilogram.

Honda terus meningkatkan kemampuan Asimo, terakhir tersimpan teknologi kecerdasan buatan AI (artificial intelligence) yang memiliki motorik layaknya manusia, bahkan dapat membuat gerakan tangan.

Semasa ‘hidupnya’, robot Asimo sangat menginspirasi anak muda untuk menciptakan model serupa, setidaknya dengan kemampuan setara, yaitu bisa menyapa orang sekitar dan melakukan pekerjaan ringan.

Sebagai penggantinya, Honda telah menyiapkan robot generasi baru dengan teknologi canggih 3E Robotics Concept yang dikenalkan pada pameran gawai CES tahun ini.

Robot tersebut tetap memiliki sifat lembut, dan salah satu keunggulannya bisa menunjukkan berbagai ekspresi wajah pada orang di sekitarnya mengutip techcrunch.com.

7upCash Bandar & Agen Bola, Casino, Slot & Poker Terpercaya

Click to comment
To Top