Health

Beberapa Langkah Percaya Diri dengan Postur Tubuh Tegap

Jakarta, Liputan7up.com – Postur tubuh yang baik bukan hanya baik untuk kesehatan tulang belakang, tapi juga demi alasan estetika. Orang yang menjaga postur tubuhnya akan terlihat lebih elegan dan juga percaya diri.

“Berdiri dengan postur yang tepat bisa melancarkan pencernaan, fungsi respirasi dan kemampuan bergerak,” kata fitness trainer sekaligus founder Heartcore studios, Jess Schuring.

Tak hanya itu, berdiri dengan postur tegap dinilai juga punya efek yang hebat terhadap spiritual kita, keseimbangan, membangun rasa stabilitas, kemurnian, serta kepercayaan diri.

Ada banyak penyebab mengapa postur tubuh menjadi jelek, salah satunya adalah kurang bergerak dan jarang berolahraga.
Untuk mengembalikan postur tubuh kembali baik, ada beberapa langkah yang bisa diikuti:

1. Menggunakan dudukan laptop
Ketika menggunakan laptop atau komputer, usahakan untuk menggunakan dudukan atau alas laptop. Dudukan dengan ketinggian yang tepat akan membuat level kepala kita lebih sejajar dan menghindari kita dari postur menunduk atau membungkuk.

2. Duduk di ujung kursi
Duduk di ujung kursi akan membantu mengaktifkan otot pusat (core muscle) dan memaksamu duduk tegak. Hasilnya akan berbeda dengan jika kamu duduk dengan memerosotkan diri ke kursi.

3. Pastikan otot pusat tetap kuat
Otot di bagian batang tubuh (core muscle) secara anatomi didesain untuk mendukung tulang punggung dan menjaga tubuh tetap tegap namun tetap memungkinkan kita untuk merenggang, meregang, serta memiringkan tubuh ke samping dan berputar. Penting untuk memastikan otot tersebut tetap aktif dan kuat. Cobalah menambahkan variasi plank ke dalam rutinitas olahraga. Baca juga: Posisi Duduk yang Bisa Bikin Mood Lebih Baik

4. Lebih banyak jalan telanjang kaki
Cara kita berdiri, berjalan dan berlari berdampak besar terhadap postur tubuh kita. Kebiasaan memakai sepatu hak tinggi dan sepatu yang terlalu sempit juga bisa menyebabkan masalah postur Di saat yang memungkinkan, cobalah untuk lebih banyak jalan telanjang kaki.

5. Lebih sering menggunakan tangan yang tidak dominan
Terlalu sering menggunakan otot bagian tertentu akan menimbulkan ketidakseimbangan fisik dan merusak postur tubuh. Untuk membantu menegakkan postur, cobalah untuk lebih sering menggunakan tangan yang tidak dominan untuk melakukan aktivitas. Seperti saat membuka pintu dan mengambil barang. Selain itu, cobalah membawa tas tanganmu dengan tangan sebaliknya setiap kamu ingat.

6. Lakukan peregangan
Cobalah untuk melakukan peregangan setiap kembali dari kamar mandi. Peregangan leher secara rutin akan membuat kita lebih sadar untuk memperbaiki postur dan memiliki posisi duduk yang lebih tinggi. Tanyakan pada instruktur kebugaran untuk mendemonstrasikan peregangan yang tepat untukmu.

7. Mengambil nafas dalam
Kesibukan gaya hidup dan kebiasaan kurang gerak kadang membuat kita berada pada kondisi “lupa” untuk bernafas. Padahal, otot pernafasan dan kapasitas paru-paru menurun setiap waktunya dan menyebabkan otot kita melemah, postur tubuh memburuk dan membuat kita merasakan stres. Oleh karena itu, perlu untuk lebih sering menarik nafas dalam-dalam. Selain untuk kesehatan, hal ini juga bisa membantu memperbaiki postur kita.

8. Roll down
Cobalah melakukan pilates roll down. Caranya, berdiri dengan kaki selebar panggul dan lutut sedikit menekuk. Tarik bagian panggul sedikit ke bawah. Atur leher dalam kondisi rileks dan dagu bersandar pada bagian dada. Lalu, secara perlahan mulailah menekuk badan mulai dari tulang punggung. Tekuk tubuh serendah mungkin semampu yang bisa dilakukan tubuhmu. Ketika dalam posisi maksimal, cobalah bertahan beberapa saat sebelum kembali pada posisi semula. Pastikan lutut tetap dalam kondisi tertekuk.

Lakukan hal ini sebelum dan sesudah beraktivitas seharian.

 

7upCash Bandar & Agen Bola, Casino, Slot & Poker Terpercaya

Click to comment
To Top