News

Diduga Diburu Gajah Tanpa Gading Ditemukan Mati Di Pidie Jaya

Jakarta, Liputan7up.com – Seekor gajah jantan diketemukan tiada gading dengan keadaan mengganas di tepi lokasi hutan lindung Gampong Blang Awe, Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya. Hewan bertubuh besar itu diketemukan Selasa (14/11) malam oleh warga ditempat.

Pendapat sesaat, kematian gajah ini karena perburuan liar. Karena diketemukan gading hilang dan banyak bercak darah di sekitarnya.

“Benar, info yang saya terima tempo hari diketemukan. Info detil sesaat kembali saya kirim ya,” kata Kapolres Pidie, AKBP Andi Nugraha Setiawan Siregar, saat dihubungi, Kamis (15/11).

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo ikut membetulkan gajah jantan mati dengan gading hilang. Waktu ini petugas BKSDA bersama dengan tim inafis Polres Pidie sedang ke arah ke tempat gajah meninggal untuk lakukan olah TKP dan neukropsi.

“Team BKSDA saat ini melaju ke TKP (Tempat Peristiwa Masalah) bersama dengan Polres Pidie,” jelas Sapto Aji Prabowo.

Kata Sapto, petugas Sisi Kesatuan Pengendalian Rimba (BKPH) Krueng Tiro yang berdomisi di Meureudu tidak berani terlalu lama di tempat diketemukan upah mati itu. Sebab sampai saat ini masih banyak gajah liar yang lain yang dekat dengan gajah mati tersebut.

“Jika ini pendapat kita motif murni perburuan, karena di tepi hutan lindung dan bukan ruang perseteruan gajah manusia,” jelas Sapto.

To Top