News

Sensasi Melihat Danau Dari Puncak Pantan Terong Di Takengon

Sensasi Melihat Danau Dari Puncak Pantan Terong Di Takengon

Jakarta, Liputan7up.com – Desiran angin berembus sepoi-sepoi dari puncak Pantan Terong, Kecamatan Bebesen, Takengon, Kabupaten Aceh Tengah. Suhu yang sejuk, sampai 19 derajat celcius, tidak menurunkan pengunjung melihat keindahan Danau Lot Tawar dari terlalu jauh.

“Wah… cukuplah indah,” kata Salita, salah seorang pengujung dari Medan, Sumatera Utara (Sumut). Dia tidak dapat menggambarkan dengan beberapa kata lihat keindahan bentangan alam dari puncak Pantan Terong.

Bersama dengan keluarga, Salita menyengaja habiskan akhir minggu di sini. Baginya, Pantan Terong menaruh banyak keindahan.

Ya, puncak Pantan Terong dengan ketinggian 1.800 mdpl menaruh pesona alam bak ‘surga’ di punggung gugusan gunung bukit barisan di Takengon. Jika akan ke puncak ini, dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang tebal, karena suhu yang cukuplah dingin.

Dari sini wisatawan dimanjakan keindahan alam berbentuk perbukitan hijau. Hamparan sawah selama mata memandang, danau dan perkebunan kopi warga dengan hawa yang fresh jadikan tempat ini tempat wisata prima.

Untuk ke arah ke puncak mesti terlebih dulu meniti perjalanan sejauh 7 km. saat 20 menit dari pusat ibu kota Takengon. Baik menggunakan kendaraan dua ataupun roda empat.

Saat dalam perjalanan juga disuguhi banyak pemandangan yang tidak kalah eksotis saat ada di puncak. Kiri dan kanan ada perkebunan kopi warga. Jika saat panen datang, harum semerbak wangi kopi tercium selama jalan.

Jalan yang berliku-liku dan tanjakan, dibatasi tebing, sampingnya jurang makin menyebabkan adrenalin buat pengunjung. Walau tidak butuh cemas, jalan telah mulus dan semua telah beraspal.

Sebelum sampai di puncak, ada empat titik yang dapat jadikan tempat berfoto. Tempat itu telah didekorasi, begitu pas buat yang hoby berswafoto, berlatar belakang Danau Lot Tawar dari puncak Pantan Terong.

Datang di puncak, langsung diterima oleh pengelola. Petugas parkir langsung mengatur parkir supaya teratur. Untuk kendaraan roda dua diambil cost parkir Rp 5.000 per motor, sedangkan roda empat Rp 10.000.

Di pintu pagar masuk ke taman puncak Pantan Terong diambil karcis per orang Rp 5.000. Akan tetapi cost yang dibayar itu, tidak sepadan dengan hamparan alam terbentang di muka mata.

Mata Anda langsung tertuju mengarah Danau Lot Tawar. Semua pengunjung merapat ke pagar pembatas. Pengunjung juga langsung keluarkan camera atau smartphone untuk menyimpan pemandangan berlatar danau Lot Tawar dari puncak.

Samping kanan, jadi buruan pengunjung. Sebab ada tulisan Pantan Terong berwarna merah putih. Semua pengunjung ambil photo di tempat tersebut, pasti masih berlatar Danau Lot Tawar.

Salita mengakui cukuplah kagum saat datang di tempat. Tidak terbayangkan awal mulanya memperoleh pemandangan yang mengagumkan. Cukuplah dapat beri kesegaran pikiran saat ada di puncak Pantan Terong.

“Hadir ke sini baru pertama-tama. Kagum. Pemandangan yang nikmat, tidak dapat disibak dengan beberapa kata,” papar Salita.

Gayo-Alas merupakan lokasi dataran tinggi di Aceh yang ada di punggung pegunungan Bukit Barisan di ketinggian 1.500 mtr. diatas permukaan laut dan mempunyai alam yang masih asli.

Banyak tujuan wisata yang lain bertemakan alam ada di dataran tinggi Gayo. Ada empat kabupaten kota yang wajar jadikan tujuan geopark, karena mempunyai bentang alam yang alami. Seperti yang berada di Wyoming, Idaho dan Montana, Amerika Serikat.

Tujuan alam itu seperti Danau Lot Tawar yang mempunyai pesona yang indah. Gunung Burni Telong yang mempunyai ketinggian sekitar 2.885 mtr. diatas permukaan laut, begitu pas untuk jadikan tujuan wisata penjelajahan.

Ada pula sungai yang mempunyai arus cukuplah oke di Gayo Lues untuk arung jeram dengan level 5 dan beberapa tempat wisata alam yang lain yang ada di dataran tinggi Gayo.

Puncak Pantan Terong, satu diantara beberapa tujuan alam yang berada di dataran tinggi Gayo. Jika berubah ke Kabupaten Bener Meriah, sekitar 10 km. dari pusat kota Takengon. Ada gubung Burni Telong yang cukuplah menyebabkan adrenalin mendaki ke puncak.

“Masalah geopark ini akan kita kaji. Danau Lot Tawar jika kita kaji dengan geologi, mungkin berlangsung letusan beberapa beberapa ribu tahun lalu, ini jadi tempat wisata,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Berolahraga (Disparpora) Kabupaten Aceh Tengah, Khairuddin Yoes.

Kekuatan tujuan wisata geopark (taman bumi). Yoes mengakui akan membahas terlebih dulu semua kekuatan ini. Sebab dataran tinggi Gayo-Alas tersimpan kekuatan sumber daya alam untuk jadikan tujuan wisata baru.

Seseorang pengelola tempat wisata Pantan Terong, Endi Agustianto mengatakan apresiasi masyarakat saat dua tahun paling akhir ini bertandang ke Pantan Terong cukuplah tinggi. Tidak cuma warga lokal, juga wisatawan luar Takengon, nasional sampai wisatawan mancanegara.

“Dua tahun paling akhir ini pengunjung selalu bertambah,” jelas Endi Agustianto.

Menurut Endi, sejuknya hawa di sini membuat pengunjung kerasan terlalu lama di puncak Pantan Terong. Apalagi pengunjung dapat bebas lihat pemandangan kota Takengon dan juga danau Lot Tawar dari sini.

Buat Anda yang akan liburan, atau habiskan akhir minggu. Puncak Pantan Terong wajar didatangi, baik bersama dengan keluarga, saudara ataupun bersama dengan teman dekat. Ada di puncak Pantan Terong, seakan-akan Anda sedang ada di hutan belantara.

To Top